Kamis, 15 April 2010

LULUS SMP. . . . MELANJUTKAN KE MANA YA…????

Setelah melalui proses pendidikan selama 3 tahun, kemudian kamu dinyatakan lulus tentu akan merasa gembira. Kegembiraan tsb ditunjukkan dengan berbagai bentuk ekspresi seperti tertawa, melonjak kegirangan, makan bersama, dsb. Disamping ekspresi kegembiraan yang diperlihatkan oleh setiap lulusan SMP, ada beberapa pertanyaan yang terbesit di benaknya, yaitu kemana harus melanjutkan studi lanjut yang tepat? Ada beberapa pilihan untuk melanjutkan setelah lulus dari SMP, yaitu ke pendidikan menengah yang terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan.
Pendidikan menengah terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah umum diselenggarakan oleh SMA atau MA. Pendidikan menengah kejuruan diselenggarakan oleh SMK atau MAK.
Pendidikan menengah dalam hal ini SMA bertujuan diantaranya menyediakan dan menyiapkan siswa/i yang hendak melanjutkan studi ke jejnjang yang lebih tinggi, akademi atau perguruan tinggi. Sedangkan SMK lebih ditujukan untuk menyediakan tenaga kerja tingkat menengah, dan MA sebagaimana SMA bertujuan untuk mengantarkan siswa memasuki perguruan tinggi umum maupun perguruan tinggi Islam.
Agar tidak mengalami banyak kesulitan dalam proses pemilihan sekolah SMA,MA, SMK, MAK, serta pertimbangan lainnya, kamu perlu mempelajari minat,bakat, dan kemampuan diri kamu, selain itu kamu harus banyak berkomunikasi/berkonsultasi dengan orangtua dan guru dalam proses mencapai tujuan Kamu untuk memperoleh pilihan sekolah yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Author